Sabtu, 12 Mei 2012

pakar ekonomi


Pakar – Pakar Ekonomi

1. XENOPHON
        Xenophon diperkirakan lahir pada tahun 431 SM. Ayah Xenophon bernama Grylus. Sedikit sekali sumber yang menerangkan masa kecil dan keluarga Xenophon. Yang pasti, Xenophon dilahirkan di wilayah sekitar (deme) Athena, Yunani.
        Xenophon merupakan seorang filsuf, pejuang, penulis, sekaligus pengagum Socrates. Ia dikenal melalui tulisannya mengenai kehidupannya sendiri, ucapan-ucapan socrate, dan sejarah Yunani. Dari semua tulisannya tersebut, ucapan-ucapan Socrates dibukukan dalam Oikonomicus, yang berisi prinsip-prinsip manajemen rumah tangga dan pertanian. Dari Oikonomicus, dikenal istilah Oikonomia, yang berasal dari kata Oikos (berarti rumah tangga) dan nomos (peraturan). Gabungan kedua kata inilah yang kita kenal sebagai “ekonomi” pada masa sekarang.
        Oikonomicus merupakan tulisan pertama mengenai ekonomi dalam sejarah. Tulisan-tulisan sebelumnya hanya berkisar pada hubungan antara laki-laki dan perempuan, desa dan kota, perbudakan, agama, dan pendidikan. Xenophon meninggal sekitar tahun 355 SM.


2. ADAM SMITH
     Adam Smith, FRSE (Fellow of The Royal Society of
Edinburgh) adalah seorang ahli ekonomi politik dan filsafat moral Skotlandia. Ia lahir (dibaptis) pada tanggal 5 Juni 1723 di Kirkcald, Fife, Skotlandia. Oleh karena Skotlandia termasuk Inggris Raya, Adam Smith juga dikenal sebagai orang Inggris.
        Pada usia 15 tahun, ia sudah kuliah di Universitas Glasgow. Ia mengambil studi filsafat moral di bawah bimbingan Francis Hutcheson. Di sinilah ia mengembangkan kebebasannya dalam berpikir dan berbicara. Pada tahun 1740, ia masuk Balliol College, Oxford hingga lulus tahun 1746. Setelah lulus, pada tahun 1748, ia mulai mengejar kuliah umu di Edinburgh di bawah bimbingan Lord Kames.
        Pada tahun 1750, ia bertemu dengan David Hume, yang lama menjadi seniornya di kampus. Bersatunya pemikiran kedua ahli ini dapat ditemukan pada tulisa-tulisan mereka dalam disiplin ilmu sejarah, filsafat, ekonomi, dan agama.
        Pada tahun 1751, Adam Smith diangkat sebagai profesor logika di Universitas Glasgow, lalu profesor filsafat pada tahun 1752. Mata kuliah yang diajarnya meliputi etika, retorika, yurisprudensi, dan ekonomi politik. Pada tahun 1759, ia menerbitkan buku The Theory of Moral Sentiments, yang berisi sebagian dari mata kuliah yang ia ajar.
        Adam Smith pensiun mengajar pada tahun 1763. Bersama muridnya, pada tahun 1764-1766 ia pergi ke Prancis dan bertemu dengan Turgot, Jean D’Alembert, Andre Morellet, Helvetius, dan tentunya Francois Quesnay, yang sangat dikaguminya. Dalam perjalannya kembali ke Kirkcaldy ia menghabiskan waktu 10 tahun untuk merampungkan karya terbesarnya, yaitu buku yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. Buku ini sangat terkenal diseluruh dunia. Dalam bukunya, ia memisahkan ilmu ekonomi dengan ilmu politik, etika, dan hukum. Smith mengatakan dalam bukunya bahwa ada “tangan gaib” (invisible hands) yang menggerakkan perekonomian. Artinya, jika setiap orang mengejar keuntungan pribadinya, perekonomian akan menguntungkan seluruh masyarakat. Ini juga dikenal sebagai “mekanisme pasar”.
        Adam Smith meninggal dunia pada tanggal 17 Juli 1790, setelah menderita sakit keras. Ia dimakamkan di Canongate Kirkyard, Royal Mile, Edinburgh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar